Nih gue kasih tutorial sedikit. Tapi bukan file, bentuk post aja (dari hp :v )
1. MASALAH MOD NGGAK KE-SPAWN
- Jangan dulu mengubah UV Channel sebelum test pertama kalinya
- Jangan dulu memindahkan Pivot sebelum test pertama kalinya
- Pastikan nama part sesuai dengan nama part original SA
- Pada file TXD, pastikan jangan centang ''Alpha'' pada texture (Kalo dicentang, bakal ada tulisan merah gitu)
- Bisa dicentang Alpha apabila texture merupakan texture dengan Alpha
- Semua texture harus di Compress di TXD (biar nggak lama nge-load)
2. MASALAH TEXTURE PUTIH (NO TEXTURE)
- Open file TXD original dengan TXD Workshop
- Masukkan texture yg terdaftar di ZModeler
''Dengan Cara Cepat''
- Select texture yg akan dimasukkan
- Drag ke dalam TXD Workshop (Nama texture otomatis ganti)
- Dobel klik salah satu texture
- Pilih Compress dan jangan centang Alpha
- Lakukan pada texture berikutnya
- Delete texture lama jika diperlukan
3. MENGATASI ALPHA CHANNEL DI TXD
- Pastikan texture di Compress
- Save dahulu
- Open lagi
- Jika ada texture yg bertulisan warna merah, dobel klik
- Jangan centang Compress dan Alpha
- Lakukan kepada texture lain yang ada tulisan merah
- Save
- Open lagi
- Pilih texture yang diedit tadi, dobel klik
- Jangan centang Alpha lalu centang Compress (pastikan jangan centang Alpha dulu lalu centang Compress; kalo ngga, bisa gagal)
- Lakukan hal sama pada texture selanjutnya
- Save
4. MASALAH MOD TIDAK MENGKILAP
- Import model di ZModeler
- Pastikan tidak ada Error Message (fail texture)
- Ke Material Editor
- Pilih Material
- Pilih Specular Highlights pada bagian Extension
- Lakukan hal sama pada Material lain
- OK
(Beberapa part tidak perlu mengkilap seperti Ban, dll)
5. TRICK EDITING PIVOT
Saya converter mobil, tapi kalo motor mungkin bisa juga
- Import model di ZModeler
- Select part yg biasanya dipindah akan Pivotnya
- Pilih Display>Local Axes>Reset to Parent (Sett: Keep Object & Offset) => SELECTED MODE ON
- Klik di mana aja
- Lakukan hal sama pada part yang lain
6. MEMBUAT PART 2 WARNA
Biasanya untuk body sama rim/velg. Ini tutornya untuk motor aja
*Texture Utama
- Select body, sayap, paruh bebek atau apalah. Yg penting kalo di real life, sama warnanya (biasanya part ini yg utama)
- Ke Material Editor
- Plih material yg dijadikan texture utama
- Pilih Assign To Selection
- Rename material tadi
- Misal dari (nama texture) [env:4], dst menjadi (nama texture)
[prim,spec] => Pastikan ada spasi di antara nama texture dengan
[prim,spec]
- OK
*Texture kedua/sampingan
- Lakukan seleksi pada velg
- Ke Material Editor
- Plih material
- Assign To Selection
- Rename (seperti cara di atas) menjadi [sec,spec]
- OK
NEXT TUTORIAL SOON.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Pivot Gunanya bwat apa ya gan?
BalasHapusSaya cvt mbim,Padahal dummy dah ue passin, tapi Part yg ue detach malah terbang semua,kata temen disuruh RTP tapi ue kurang paham..
BalasHapus