1. TUTORIAL ImVehFT
Karena saya converter mobil, mungkin agak janggal kalo di motor
- Pastikan part lights telah berdiri sendiri (tidak menyati dengan body/chassis)
- Pastikan texture lights/lampu harus satu gambar (lampu depan, belakang, dll)
- Copy texture lights, lalu rename menjadi "vehiclelights" (tanpa petik)
- Open Vehiclelights dengan Photoshop atau software edit foto yg sejenis
- Edit texture yg sesuai dengan yg diinginkan, dengan syarat sebagai berikut:
* Texture lampu sent/indicator misalnya dari putih, edit menjadi kuning
* Texture lampu headlight edit jadi kuning juga
* Texture brakelight edit jadi merah dengan warna agak menyala
(Semua texture harus disesuaikan dengan part yang akan di ImVehFt, edit
texture menjadi agak menyala karena texture ini yang akan digunakan
ketika lampu hidup)
- Save As texture tadi dengan nama vehiclelights_on
- Open ZModeler
- Add texture yg 2 tadi via Texture Browser
- Merge file ImVehFt (download dulu ImVehFt, lalu file z3d nya ada di
...\ImVehFt\ENG\developer Information\example_material_blablabla.Z3D)
- Setelah di Merge, akan keluar dummy, itu adalah dummy lights nya
- Select face part lights nya (kubus ke3 dari kiri)
- Kita mulai dari lampu belakang :
Karena modder di sini buatnya stratch, jadi kalo Select Separated, ntar keselect semua
* Brakelight, select single daerah lampu rem/brake (select kiri atau
kanan dulu) pastikan harus benar dengan texture. Lalu ke Material
editor, lihat Brakelight_L dan Brakeligh_R (L:kiri, R:kanan). Lalu pilih
texture "vehiclelights" tadi. Pilih Assign To Selection. (Pastikan
apabila brakelight bagian kiri yg diselect, Assign ke materian
brakelight_l)
* Indicator_RR (lampu sent kanan), kalo ini gk perlu daerah kiri atau kanan
. Select daerah light nya, ke Material Editor, pilih Indicator_RR,
pilih texture "vehiclelights", Assign To Selection (pastikan tidak ada
part lain yang diselect)
* Indicator_LR (lampu sent kiri), sama seperti Indicator_RR
- Lalu lampu bagian depan
* Indicator_RF (lampu sent kanan), sama seperti Indicator_RR
*Indicator_LF, sama seperti Indicator_RR
*Headlight, kalau motor biasanya headlight selalu menyala. Maka lakukan
hal seperti BRAKELIGHT, tapi pilih material "light_night"
- Lalu pindahin dummy
- Kalau untuk motor, hapus saja dummy berikut :
* Indicator_RM & Indicator_LM
* Foglight_R_bg & Foglight_L_bg
* Reverselight_R & Reverselight_L
- Pindahin dummy sesuai dengan part yang telah disesuaikan dengan material
- Lalu pindahin part (pada bagian node) ke: (misal BF400)
+bf400.DFF
. +bf400
. . +headlight
. . +taillight
. . +dst
. . +(pindahin ke sini)
. + Collison
. + Shadow
Pindahin nya haru semua ya coeg
Habis itu SAVE dulu, lalu EXPORT.
Mengapa di Save dulu??
KARENA kendaraan yg telah di-adapt ImVehFt, kalau di Import, edit, Export, maka light nya tidak akan berfungsi dengan baik.
Makanya harus Save dulu, biar bisa diedit lagi
- SELANJUTNYA
- Masukin texture yang 2 tadi (vehiclelights & vehiclelights_on) ke dalam file .TXD
- Save
- Test!!!
OK selesai, kalo masih bingung, silahkan PM saya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Terimakasih boss, sangat mmbantu
BalasHapusBisa dibuatkan video ?
BalasHapus